Tambah Fasilitas Akomodasi MotoGP Mandalika, Kapal Pesiar dan Homestay Disiapkan

Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan pemerintah menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasi kekurangan akomodasi pada gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika. Mereka akan menyiapkan kapal pesiar sebagai tempat penginapan bagi wisatawan yang datang.

“Kapal pesiar itu nantinya direncanakan akan bersandar di Pelabuhan Awang,” kata Pathul Bahri di Praya, Selasa, 22 Desember 2021.

Menurut Pathul, kapal pesiar yang akan didatangkan itu memiliki kapasitas 2.000 orang. Langkah itu diharapkan dapat mengatasi kekurangan akomodasi penginapan di Lombok.

MotoGP Mandalika yang rencananya akan digelar pada Maret 2022 diperkirakan akan menyedot hingga 150 ribu penonton. Sedangkan fasilitas akomodasi yang tersedia di Nusa Tenggara Barat sekitar 16 ribu kamar. Maka para penonton diperkirakan akan menginap juga di luar Lombok.

Pathul mengatakan pemerintah pusat juga akan menyiapkan kapal cepat untuk penyeberangan Bali-Lombok guna mempermudah akses masuk penonton yang menginap di luar Lombok. “Kapal cepat juga akan disiapkan untuk mendukung MotoGP itu,” kata dia.

Selan itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam arahanya meminta kualitas homestay yang ada di lingkar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan desa wisata ditingkatkan agar sesuai standar hotel bintang dua. “Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung MotoGP tersebut, seperti keberadaan Homestay di lima desa penyangga lingkar Sirkuit Mandalika,” kata Pathul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.