Prediksi Mobil Listrik Kian Laris Manis: Mengenal Komponen-komponen Utamanya

TEMPO.CO, Jakarta -Mobil listrik kini makin diminati. Walau terbilang harus merogoh kantong lebih dalam, mobil listrik diklaim hemat energi dan ramah lingkungan.

Data yang dikutip dari statista.com di tahun 2020 terdapat 8.5 juta kendaraan listrik. Jumlah ini akan terus naik dengan perkiraan 116 juta kendaraan listrik di tahun 2030 nanti.

Beda dengan mobil berbahan bakar minyak, mobil listrik memiliki sejumlah komponen utama yang membuatnya bisa melaju dijalan raya. Berikut beberapa komponen mobil litsrik dilansir dari laman didyouknowcars.com.

Baterai

Baterai menjadi komponen utama penyimpanan energi di mobil listrik. Pengisian melalui sistem charger, kemudian akan menyalurkan tenaga ke motor penggerak roda.

Teknologi pada baterai mobil listrik paling utama adalah lithium-ion konvensional. Namun ada juga teknologi baterai utama lainnya yang dapat digunakan untuk mobil listrik seperti Lithium-Ion yang lebih ringan dari asam timbal dan logam nikel.

Selanjutnya ada teknologi asam timbal yang paling populer juga termurah di antara teknologi baterai lainnya. Dan terakhir, baterai logam nikel hydride yang memberikan output kinerja yang lebih tinggi namun dengan harga tinggi.

Motor Controller

Motor controller ini menjadi pengatur operasi dan distribusi daya mobil listrik. Terdapat mikroprosesor yang dapat membatasi atau mengarahkan arus listrik. Hal ini membantu memantau dan mengatur semua kinerja mobil listrik juga digunakan untuk meningkatkan kinerja mekanis mobil atau menyesuaikan gaya mengemudi.

Pengereman Regeneratif

Sistem ini memungkinkan mobil mengisi baterai saat dilakukan pengereman. Cara kerjanya, mengkonversi gesekan pada saat dilakukan pengereman menjadi energi listrik dan menyimpannya. Perangkat ini memulihkan hingga 15% energi yang digunakan saat melaju.

Drive System

Fungsi sistem penggerak adalah untuk mentransfer energi mekanik ke roda traksi, menghasilkan gerakan. Mobil listrik tidak memerlukan transmisi konvensional. Namun, memiliki beberapa konfigurasi internal tergantung pada komponen yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.