Mengenang 5 Karya Ikonik Virgil Abloh, dari Off-White hingga Jet Pribadi

Kepergian Virgil Abloh menyisakan duka yang mendalam bagi dunia fashion. Virgil meninggal ketika karier desainnya sedang berada di puncak. Pendiri Off-White sekaligus Direktur Kreatif Menswear Louis Vuitton ini hampir dua tahun berjuang melawan kanker.

“Virgil dengan gagah berani berjuang melawan kanker langka yang agresif, angiosarcoma jantung,” kata perwakilan mendiang Abloh di Instagram, Ahad, 28 November 2021.

Abloh tidak hanya membentuk masa depan fashion, tetapi juga mengubah dunia menjadi lebih baik, membuka jalan bagi munculnya kreativitas dan membuka peluang bagi suara-suara terpinggirkan dalam seni dan desain. Dedikasinya pada kerajinannya benar-benar menjadi inspirasi bagi semua orang.

Untuk mengenang Abloh, berikut beberapa karya ikoniknya.

1. Off-White

Label yang didirikan pada 2013 ini mendefinisikan area abu-abu antara hitam dan putih sebagai Off-White. Ini mungkin merupakan kerangka konseptual untuk sebuah rumah mode yang akan didirikan, misi Abloh sederhana: Off-White hanyalah wadah untuk pengejaran kreativitas.

Abloh berhasil memadukan streetwear dengan haute couture dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya, menantang norma konvensional dan mengambil alih dunia mode internasional.

2. Louis Vuitton Spring/Summer 2019 Menswear Collection

Diselenggarakan di château Paris yang terkenal, Palais-Royal, pertunjukan debut Abloh untuk Louis Vuitton adalah momen terobosan bagi rumah mode. Itu juga menandai era baru untuk label di bawah bimbingan direktur artistik kulit hitam pertama.

3. Sosial Distancing c/o Abloh Engineering

Memanfaatkan gelar teknik sipilnya dengan baik, Abloh membuat desain sebuah jet pribadi yang terbungkus secara eksklusif dalam desain Abloh untuk perjalanan Drake pada 2020.

Ciptaan khusus disebut proyek “Social Distancing” c/o Abloh Engineering, karena tidak ada cara yang lebih baik untuk melarikan diri dari keramaian selain dengan Boeing 767 yang dikonversi.

Air Drake dibungkus dengan motif awan biru langit, sempurna untuk kamuflase saat berada 30.000 kaki di atas permukaan laut.

4. Figures of Speech

Pada 2019, Abloh merilis kronik karya hidupnya yang berjudul Figures of Speech. Almanak hampir 500 halaman itu menampilkan 1.800 gambar yang belum pernah dilihat sebelumnya yang diambil dari arsip Abloh, dengan katalog yang mencakup karya dan inspirasinya secara mendalam.

5. Ikea Markerad

Kolaborasi Abloh dengan merek furnitur Swedia IKEA sangat menonjol. Menurut IKEA, kapsul edisi terbatas itu didesain minimalis dan dibangun di atasnya dengan referensi artistik dan elemen subversif yang khas dari karya Virgil.

6. Till Death Do Us Part

Hailey Baldwin mengenakan gaun pengantin renda yang dibuat khusus oleh Abloh saat pernikahannya dengan Justin Bieber pada Septembef 2019. Bisa dibilang, itu adalah salah satu gaun pengantin paling ikonik sepanjang masa. Gaun itu tidak konvensional dan tradisional, Abloh menampilkan elemen estetika yang menonjol, veil yang ditandai dengan sumpah Bieber “Till Death Do Us Part”.

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN | ELLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.