Makanan Tinggi Zat Besi Untuk Ibu Hamil

Bagi Ibu hamil, kebutuhan akan gizi menjadi sangat penting karena dalam tubuhnya terdapat bayi yang juga membutuhkan gizi dan serapan makanan.

Salah satu gizi yang harus dipenuhi Ibu hamil adalah Zat besi, selain juga protein, asap folat, kalsium dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan zat besi anda bisa mengkonsumsi makanan atau produk olahan tertentu seperti misalnya susu. Lalu, apa saja sih kira kira makanan tinggi zat besi untuk Ibu hamil. Berikut jawabannya.

  1. Daging Tanpa Lemak

Makanan dalam daftar urutan teratas yang mengandung banyak zat besi yang baik untuk Ibu hami adalah daging dagingan tanpa lemak seperti misalnya daging sapi, kambing ataupun domba. Diketahui bahwa dalam setiap 1 ons daging terkandung 0,5 miligram zat besi.

Adapun, jika anda ingin mengkonsumsi daging, pastikan daging dimasak secara matang dan jangan pernah memakan daging dalam bentuk mentah.

Ini karena selain rasanya pasti tidak enak kandungan kandungan bakteri tertentu dikhawatirkan akan ikut masuk ke tubuh anda sehingga membahayakan kesehatan.

  1. Daging Ayam

Dalam 3,7 ons daging ayam setidaknya terkandung 0,5 mg kandungan zat besi. Sama seperti daging, untuk memakan daging ayam secara aman pastikan anda mengkonsumsi daging dalam bentuk yang matang.

Selain itu, perhatikan juga daging yang diperjualbelikan, jangan sampai anda membeli daging yang tidak memiliki nilai gizi karena busuk atau mengandung bahan-bahan kimia tertentu.

  1. Kacang Kacangan

Selain dalam daging dagingan, zat besi juga banyak terkandung dari kacang kacangan seperti misalnya kacang hijau, kacang putih dan sebagainya.

Dalam 100 gram kacang setidaknya ada 4.4 mg kandungan zat besi. Ini sudah memenuhi hampir seperempat pasokan zat besi harian yang disarankan.

  1. Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang banyak zat besinya adalah bayam. Selain zat besi bayam juga banyak mengandung antioksidan yang baik untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Adapun, untuk setiap cangkir dari bayam mengandung 6.4 mg zat besi. Bayam rasanya cukup enak jika anda bisa meraciknya dengan bahan dan bumbu lain dengan baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.