5 Jenis Kuliner Jepang Berbahan Dasar Ikan SIdat atau Unagi

Di Jepang, hidangan ikan sidat ataupun belut laut dinamai unagi. Sangat enak dinikmati, berikut lima varian unagi dalam kuliner khas Jepang yang umum ditemui.

1. Unagi chazukeUnagi chazuke merupakan hidangan nasi beraneka lauk yang disiram dengan dashi atau kaldu khas Jepang maupun air teh hijau. Nasi dalam hidangan ini kemudian akan disandingkan dengan sidat matang.

2. Unagi donUnagi don merupakan masakan sidat yang dimakan menggunakan nasi. Masakan ini kerap dilengkapi dengan soy sauce, dan sayur mayur, telur, irisan alpukat, dan lain semacamnya.

3. Unagi nigiriUnagi nigiri merupakan salah satu varian sushi yang menggunakan metode kepal hingga membentuk nasi persegi panjang yang kemudian diisi menggunakan aneka lauk matang atau mentah sebagai topping, lalu dibungkus menggunakan lembaran nori. Hidangan tersebut dapat dikolaborasikan bersama salmon, udang, hingga unagi.

4. Unagi rollUnagi roll merupakan sushi berisikan unagi, membuat jenis sushi ini agak berbeda rasa dengan varian isi salmon atau beef.

5. Grilled unagiGrilled unagi menjadi sajian klasik dari olahan ikan sidat yang umum dijumpai di Jepang. Sidat biasanya di-fillet terlebih dahulu untuk kemudian dicampur bumbu seperti kecap, gula, mirin, dan mungkin sake.

DELFI ANA HARAHAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.